Keep Calm, Done is Better than Perfect! - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Keep Calm, Done is Better than Perfect!

Sering kali takut dan melihat segala sesuatu dari sisi jeleknya. Jadinya ya gak ke mana-mana. Terlalu takut untuk berbuat sesuatu yang baru.

Contohnya untuk menulis paper, belum ada rasa percaya diri untuk menulis, ada saja kesannya untuk berpikir negatif lha. kurang ini lha kurang itu lha, takut nanti ada yang salah lha, takut plagiat lha, hal-hal kayak gini ini yang sebenernya merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Cuman satu cara untuk bisa sembuh dari rasa ketakutan itu, ya jalani saja dan hadapi rasa ketakutan itu. Kalau takut nulis ya belajar untuk nulis. Ya memang untuk orang perfectionist, harus menemukan waktu yang pas, mood yang sesuai, atau arti kata lain semuanya harus dalam keadaan perfect, ya penunjangnya, ya tulisannya.

Tapi kalau nunggu lama, ya kapan bisa selesai. Sampai gw ngobrol sama Piotr (baca: Peter) yang kerja di Research Centre, dan gw lihat di mejanya ada kata "keep calm because done is better than perfect". Kalimat yang bagus dan menggugah gw untuk bisa menyelesaikan yang gw mulai.

Gw gak akan bisa perfect koq, tenang saja dan gak semua orang bisa perfect. Dari situ gw belajar menjadi lebih baik saja, karena bagi gw sepanjang hidup itu belajar. Belajar untuk menjadi lebih baik bukan untuk menjadi sempurna. Kesempurnaan hanya milik Allah semata bagi gw. Jadi gw bakal mengerjakan apa yang gw bisa. Bertahap gw belajar dan menyelesaikan segala sesuatunya sebaik yang gw bisa.