Blame the Scapegoat - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Blame the Scapegoat

Kalau mengobrol sama teman, masih membicarakan hal ini. Bagaimana dulu proses mau transfer sekolah yang sulit, sehingga empat bulan kita terbengkalai dan gak tahu harus bagaimana. Sampai akhirnya diputuskan kalau kita gak bisa transfer ngikutin pembimbing kita yang pindah ke sana.

Hal ini yang menjadi tantangan di awal PhD. Masih mencari bentuk dan pegangan di PhD, tapi nyatanya koq dapat tantangan seperti itu. Masih sering kali menyalahkan hal itu. Itu dianggap sebagai pelarian atau bahkan kambing hitam nya. "kalau misalnya dulu..." Nah kata-kata ini yang katanya godaan setan.

Jadi dengan nulis di sini, gw mau move on dari sini. Move On, bersyukur dan kemudian akan lanjut ke masa depan PhD gw yang lebih cerah. Kalau di SATM gw yakin gw bakal memiliki kesempatan yang lebih baik seperti bisa lulus tepat 3 tahun seperti yang diminta kantor gw (kantor gw sudah siap mempromosikan gw. Aaamiiinn). itu saja sekarang tujuan gw, sederhana tapi butuh kerja smart, lulus PhD tepat waktu tiga tahun. Target in sha Allah Agustus submit thesis disertasi kemudian November lulus viva PhD nya. Amin in sha Allah.

Banyak sekali keuntungan yang bisa gw lihat, dari sisi research method, SATM lebih cocok bagi riset gw, karena terdapat perbedaan pendekatan untuk membangun hipotesa dan teori di SOM. SOM membutuhkan metoda dan pendekatan yang lebih robust dibanding yang lain. Itu wajar karena SOM cenderung melihat sebuah fenomena yang terjadi dan merumuskan itu menjadi suatu masalah. SATM sendiri lebih ke arah melihat sebuah fenomena menjadi masalah, dan risetnya itu adalah membantu orang untuk bisa menyelesaikan masalah itu. Dan untuk SATM, hasil penelitian bisa dibuktikan di akhir as bagian dari proses riset. semua ada plus atau minus,

Tapi gw yakin kalau itu adalah "petunjuk Allah" akan ada di mana kita dan harus bagaimana kita. Karena Allah yang paling tahu mana yang terbaik buat hamba-Nya. Jadi in sha Allah kita coba lagi dan kita perbaiki lagi mental ini. Move On, dan percaya segala sesuatunya ini lebih baik buat gw. Amin.

Ya Allah tolong berikan hamba kemampuan untuk pintar bersyukur. Amin.