Pencerahan - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Pencerahan

Siang kemarin gw dapat pencerahan dari seseorang sahabat yang gw sangat hormatin dan my role model.

Gw baru sadar ternyata apa yang gw kerjain dan apa yang gw hasilkan, ternyata belum ada apa-apanya untuk sebuah riset PhD. alias kerjaan gw nol besar. Kaget dan marah sie gw akan reaksi ini, bukan ke marah, tapi malah ke arah kecewa sama diri sendiri, bingung, galau, bimbang, kesel, you name it, semua rasa bercampur aduk di situ. Memang mungkin ini jadi cambuk bagi dari diri gw.

Hal yang menjadi concern utama yaitu adalah mindset gw sebagai seorang ilmuwan atau researcher. Ini yang masih kebentur sama pikiran gw yang marketing, atau mungkin otak jualan, kalau ada kesempatan ya ambil, mumpung sekalian karena kesempatan gak dateng dua kali.

Perbincangan ini menurut gw lama sekali, ya mungkin karena merasa seakan dimarahin kali ya, jadinya kesannya lama. hehehe. Memang maksudnya baik dan niatnya untuk bantu gw. Ya mungkin caranya itu yang bikin gw gak enak hati. Tapi ibarat obat nie, mau sepahit apapun ya tetep diminum ya kan.

In shaa Allah, gw janji ama diri gw sendiri kalau gw bakal lebih baik lagi dan lebih giat lagi bekerja buat riset gw ini. Ya siapa sie yang gak mau punya output yang bagus di PhD risetnya. Gw pengen banget, kasarnya gini, kalau memang gw tahu bagaimana caranya gw gak akan mungkin berleha-leha menyengajakan untuk bikin progress gw lama. Karena gw punya tanggung jawab juga untuk anak istri, kalau gw harus berhasil. Ya kalau lebih cepat lebih bagus.

Gw juga punya tanggung jawab moral sama bangsa negara gw yang biayain gw sekeluarga sampai ke sini. Ya gw akan terus berusaha dan mempush diri gw sendiri. Memang ada kalanya gw butuh support, yang sampai saat ini kayaknya belum gw bisa kelola karena gw masih berproses.

Kalau dibandingin sama temen gw yang lain, wah kayaknya gak apple to apple deh, secara beliau ini dosen dan punya beberapa publikasi internasional pula. Jadi setidaknya beliau ini kayak gw beberapa waktu ke depan. Semuanya proses, dan gw sadar itu, gw cuman bakal akan menjalani, menghadapi semua tantangan ke depan, gw bakal lebih kuat, gw bakal lebih siap, gw bakal lebih smart, dan terus lebih maju untuk ke depan.