Kamu Gak usah Kerja, Belajar aja - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Kamu Gak usah Kerja, Belajar aja

Masih ingat apa yang dikatakan sama mentor gw di kantor waktu itu. Mungkin waktu itu karena gw belum mengerti apa maksud beliau. Memang untuk orang-orang teknik di lapangan, menyampaikan suatu pendapat kadang straightforward dengan pemaknaan yang bisa berbeda-beda oleh lawan bicaranya.

Terus terang rasanya masih kesel sama sedih kalalu inget hal itu. Tapi akhirnya sekarang gw mengerti, ya memang perlu ada orang untuk bisa belajar terus dalam organisasi, jadi bukan maksudnya tidak perlu kerja. Tapi ya kerjanya belajar, belajar untuk mencari sebuah permasalahan dari organisasi tempat bekerja dan kemudian belajar juga untuk mencari solusinya. Itu semua kan proses belajar. Jadi belajarnya itu sebuah pekerjaan.

Gw bakal sangat berterima kasih sekali sama beliau karena banyak ilmu yang beliau sampaikan. Semoga nanti setelah gw jadi PhD nanti, skill riset gw bisa lebih baik dan berkembang. Nanti kalau misalnya gw punya wewenang di dalam organisasi, perlu juga rekrut orang-orang dengan keahlian riset, tujuannya ya itu tadi untuk mencari permasalahan dari organisasi dan mencari solusinya, bukan menyelesaikan masalah itu saja, tapi lebih ke arah mencari jalan untuk bisa membantu pengambil keputusan dalam menjalankan tugasnya. Jadi bukan langsung menjadi problem solver, tapi problem seeker. akar permasalahan dan pencapaian untuk membuat sebuah metoda penyelesaiannya. Metodanya diharapkan bisa dipakai oleh semua orang.

jadi, semangat lagi buat ngerjain PhD ini, biar gw bisa berbuat lebih juga. Semoga bisa tiap tahun pas udah mulai kerja lagi gw bisa publish sebuah paper untuk jurnal profesional. Kayak senior gw yang ada di Nottingham. Aamiiinn.. Biar skill riset ini bisa terpakai terus dan terus berkembang.

Jadi ya kerja gw ya belajar untuk bisa membantu perusahaan. Butuh waktu memang dan investasi yang tidak sedikit. Tapi memang daripada investasi lebih ke arah konsultan, mungkin bisa bikin sarana konsultansi dari dalam perusahaan sendiri, ya dengan lebih mengenal perusahaan itu sendiri, mungkin bisa lebih tepat sasaran solusi yang akan diberikan?