Insomnia - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Insomnia

Dua hari ini berturut-turut badminton. Memang hari kedua ini rasanya badan luar biasa.

Sempat tidur sebentar, sampai akhirnya kebangun pas anak juga kebangun. Lama main ipad, belum bisa tidur juga, sambil mikirin apa yang bisa gw perbuat untuk menuhin kriteria PhD.

Bangun, buka laptop sambil nyoret-nyoret di buku mengenai ide dan hipotesa. Lebih ke arah bikin outline untuk bisa berpikir garis besarnya dulu. Memang masih banyak bolongnya kalau membandingkan sama thesis yang pembimbingnya sama. Tapi dari itu bisa kebayang mau ke arah mana dan tujuannya pun dirumuskan dulu. Memang kesan awalnya sekedar hipotesa, tapi dengan tahu atau ada bayangan mengenai tujuan akhir dan gambaran besar si thesis akan seperti apa jadinya tahu di mana bolongnya dan kurangnya.

Mungkin ini cara belajar yang paling efektif buat gw kali ya, dengan melihat apa yang sudah dikerjakan dulu untuk kemudian dikembangkan. Nah dari apa yang gw perbuat tadi, setidaknya bisa gw jadiin referensi untuk pekerjaan gw selanjut-selanjutnya. Nanti misalnya jadi RnD di perusahaan tempat gw kerja bakalan jadi bahan referensi juga kerjaan gw PhD ini. Memang untuk bikin yang pertama ini mungkin akan sulit awalnya, tapi biasanya setelah yang awal selesai, kedua, ketiga dan seterusnya sudah mulai kebayang.

Terus terang, sudah lama sekali gw gak buat atau nulis karya ilmiah. Lebih banyak ke arah nulis blog atau pengalaman kayak gini. Nulis pengalaman sendiri atau pikiran sendiri itu lebih gampang, karena berdasar dari apa yang sudah dijalani diri sendiri. Kalau untuk menulis ilmiah ditambah lagi dengan support data dan dokumen pendukung yang baik, which is butuh effort besar buat gw.

Let's see, menulis karangan ilmiah sekitar 5 tahun lalu untuk disertasi master. Jadi sekarang, sudah ketemu dikit-dikit bagaimana cara belajar gw, tetap semangat dan tetap bekerja. Bismillah..