Bangun Malam - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Bangun Malam

Alhamdulillah...

sudah mulai bisa bangun pagi dan sholat. Sudah beberapa hari ini, bangun sekitar jam 3 tapi yang ada malah tidur lagi, atau ditunda sampai akhirnya gak sholat malah.

Sekarang sedang mencoba untuk hidup lebih teratur. Tidur lebih awal, bangun lebih pagi, beres-beres rumah, olahraga, ke kantor badan akan lebih fresh. Kemudian akhirnya di kantor bisa konsen. Karena pikiran tenang, merasa kalau di rumah semua under control. Sebaliknya juga begitu, kalau di kantor kalau mau pulang selalu tutup laptop, beresin meja, rapihin alat tulis, pokoknya tinggalin semuanya dalam keadaan serapih mungkin.

Dengan cara ini, fokus management bisa dilatih. Dapat rahasia ini dari counsellor. Jadi membuat sebuah kegiatan sebagai simbolis sebuah penutupan dari sebuah kegiatan. Jadi dibagi menjadi kegiatan rumah dan kegiatan kantor. Hal ini bagus juga sebenernya, resource yang ada di pikiran itu akan bisa lebih mudah untuk dimanage dan dioptimalkan untuk bisa lebih optimal.

Ditambah kemarin nemu blog mengenai deep habit dari cal newton, ini dapat dari browsing, jadi ada teman Indonesia pakai metoda deep habit untuk menjadikan hidup lebih berkualitas. Dari mulai bikin weekly goal sampai detail outcome per jam. Ini yang kemarin kayaknya kurang untuk dipraktekkan, jadi yang ada kayak orang pekerja aja. Kerja terus, kerja keras tapi gak smart, yang ada malah kayak lingkaran yang tiada kunjung berhenti. Jadi bekerja dengan smart, menambah skill untuk memanage sebaik mungkin pekerjaan kita. Jadi diawali dengan tujuan untuk membuat goal mingguan, tapi sebelumnya ketahuan apa dulu yang bakal dicapai atau akan dihadapi. Dari situ, put backward ke waktu kita sekarang, sebenarnya supervisor pertama beberapa kali bilang hal ini, tapi karena sekarang baru 'ngeh' betul apa artinya itu, ya sudah lah ya, dijalaninya mulai sekarang. Dari situ ketemu target mingguan yang kira-kira masuk akal. dari target mingguan akan dapat target harian, dari target harian ini bikin block time apa yang bakal dikerjakan dan output apa aja yang akan dicapai dan jelas dari pukul berapa sampai pukul berapa. Jangan segan untuk menstrecth, baik men'stretch' waktunya kalau outcomenya belum terpenuhi, atau malah men'strecth' pekerjaan untuk dapat outcome yang lebih baik dari target bila waktu yang direncanakan masih berlebih. In shaa Allah pekerjaan akan lebih terarah dan jelas outputnya. Output yang jelas ini otomatis akan menambah kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang tinggi akan memberikan ketenangan, dan ketenangan akan memberikan kualitas pekerjaan yang lebih baik. In shaa Allah

di samping itu, kepercayaan diri sudah mulai terlihat lagi karena kemarin sudah ngobrol dan diberikan arahan 'lagi' sama supervisor. Kemarin minta sesi khusus untuk mencurahkan isi hati, dan alhamdulillah bisa lebih terbuka ke beliau. Dengan menunjukkan kesungguhan dan pekerjaan kita yang sudah dilakukan. Intinya ada output yang jelas, 'tulisan'; apapun yang didapat dalam waktu seminggu itu. Semakin kita memberikan banyak akan diberikan banyak juga oleh supervisor. Jadi bekerja bisa lebih keras lagi, target sekarang beresin draft report ditambah sama menguasai software witness. Juga cari justifikasi kenapa melaksanakan simulasi untuk research ini. Bismillah, semuanya dimulai dari dikit demi sedikit, the process needs time.

Alhamdulillah PhD sudah mulai terlihat titik terang, tinggal gimana memolesnya untuk bisa lebih baik dan dapat bernilai PhD. Salah satu target gimana caranya dapat outstanding dissertation award, amin. Sudah mulai bisa bermimpi dan menaroh harapan setinggi mungkin. Siapa tahu in shaa Allah akan tercapai dan berhasil. AAAmmiiinnnn