Milestone PhD - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Milestone PhD

walaupun gw masih tahun kedua di program doktoral ini, tapi kayaknya program doktoral ini mungkin bisa lebih dijabarkan ke sesuatu yang lebih tangible. Dari pengalaman, ngobrol sama teman, bimbingan sampai baca buku mengenai PhD.

jadi kurleb kayak begini:

Tahun ke-Nol.
Ini di saat seorang calon phd student (calon karena belum teregistrasi) mencari topik dan pembimbing yang sesuai dengan topiknya. Saran kalau boleh bikin sendiri atau pahami benar (beberapa kasus riset proposal dibantu sama supervisor) apa yang ada di research proposal. Cari garis besarnya, at least pondasi dari tujuan riset yang akan dituju.  Di sini bisa diangkat mengenai permasalahan di industri. Ini gw loss, maklum gw gak tahu sebelumnya PhD itu kayak gimana. Di sini malah santai-santai aja gw. Kalau boleh nyesel, ini gw senyesel-nyeselnya. "Research Question bisa diinisiasi di sini"

Tahun pertama. 
Nah di tahun pertama, permasalahan yang akan diangkat untuk riset (di riset proposal ditulisin) kemudian direlasikan ke literature jurnal article yang tersedia selama ini. Di sini posisinya untuk bisa melihat 'gap' di mana posisi riset kita terhadap dunia akademis. Cari kiblatnya atau cari 'juntrungan' nya yang jelas. Inget juntrungan di awal jangan sampai dilupakan. Gw sempat lupa apa yang mau gw kerjain, hahaha. dari korelasi antara hubungan di literature dan kejadian sebenarnya bisa jadi sebuah 'gap'. di sini seorang student bisa menemukan sebuah lahan khusus untuk pijakan melakukan riset.
Di sini juga bisa harus keliatan bagaimana kira-kira prediksi mengenai aim dan objectivesnya. bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah ini
intinya, pengukuhan "Research Question"

Tahun kedua
Ini masih di sini gw, dari beberapa sumber tahun kedua lebih dalam dan deep lagi dari pengisian 'gap' tadi yang gw sebutin.di sidang tahun ini bakal ditanya, apakah sudah tersedia data untuk meneruskan risetnya? bagaimana pengambilannya, and so on.

Tahun ketiga.

nanti diupdate*

Oh ya, scope ini untuk engineering. karena research question dari engineering yang gw jalanin adalah "how to....". Beberapa rekan yang gw ajak ngobrol dari management adalah "what is/are ......?" kelihatan kalau engineering untuk bisa membuat sesuatu. kalau dari manajemen melihat kejadian sudah terjadi tapi masih bisa dicapture dari teori yang baru. nah kurleb pengertian gw segitu.