LPDP dan Cranfield University - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

LPDP dan Cranfield University

Beberapa orang sempat menghubungi gw mengenai LPDP dan Cranfield, karena memang kayaknya gw jadi tersangka utama dari LPDP ke Cranfield di beberapa blog teman gw yang menceritakan mengenai strategi untuk bisa masuk Cranfield melalui skema beasiswa LPDP.

LPDP memang memberikan beberapa kemudahan untuk kita-kita yang non-dosen untuk bisa mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri dengan beasiswa. Namanya Beasiswa Pendidikan Indonesia (sekarang ada Beasiswa Presiden Republik Indonesia dengan pengelolanya LPDP juga).

Jadi begini ceritanya..
Cranfield memang gak masuk ke dalam list LPDP, yang waktu itu gw lakukan adalah sembari menantikan LoA dari Cranfield, gw mendaftar online beasiswa LPDP dengan mendaftar ke universitas lain (yang ada di list) nya. Alasannya Cranfield gak ada di list itu karena waktu itu list universitas itu based on Times Higher Education, dan Cranfield gak ada di situ. kenapa gak ada di situ? karena Cranfield salah satu universitas yang punya karakter kekhususan, cuman ada Master dan Doktoral di sini. Ini yang bisa jadi alasan kenapa uni ini gak masuk ke list LPDP.

Singkat cerita, LPDP memberikan kesempatan kita untuk melakukan pindah universitas. Nah dari sini, saya mengajukan perpindahan universitas, tentu dengan menyertai beberapa references dan rekomendasi mengenai kenapa Cranfield University terbaik untuk bidang yang saya pelajari. Syukur alhamdulillah waktu itu dibantu pembimbing saya untuk meneruskan hal ini kepada Atase Pendidikan KBRI London waktu itu, Pak Fauzi. Berkat beliau-beliau, pengajuan pindah universitas ini pun diacc.

Sampai akhirnya pun bisa meneruskan pendidikan Doktoral di sini. alhamdulillah :)