Family and PhD - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Family and PhD

Yup, sejak januari kemarin gw berangkat duluan ke Inggris, dan anak istri gw sementara tinggal di Indonesia. Ini pertama kali gw jauh dari anak gw, ya kalau jauh beda kota sie mah sempat ya. Tapi kalau ini sekitar 11.000 km dari Cranfield ke Depok.

Kangennya berat, dan ya rindu berat juga, biasa bangun pagi main sama anak, malem nyuapin anak. Sekarang, ya berkutat sama laporan atau thesis di rumah, atau di kantor, atau di library. Alhamdulillah ternyata adanya keluarga di UK ternyata memberikan keseimbangan hidup dan keseimbangan pikiran. Berat rasanya kalau inget pagi-pagi cuman bisa liat foto anak. Biasanya bisa gendong, lihat langsung dan denger suaranya. Tapi in shaa Allah gak lama lagi kita barengan lagi. Alhamdulillah semua keperluan administrasi visa Arka sudah selesai minggu lalu. Terima kasih ya mommy, semuanya mommy yang ngerjain sendiri.

Sempet bilang kalau ada keluarga akan susah konsen dan fokus. Ya mungkin kemarin benar ya adanya, tapi kayaknya koq kalau ada keluarga justru malah akan memberikan semangat baru. Seakan ada pendorong semangat tambahan untuk berbuat terbaik dan lebih belajar untuk fokus. Prinsip gw memang, kalau di rumah itu waktu khusus keluarga, malam begitu anak istri sudah tidur baru deh ngerjain tugas lagi, kalau gak selain itu ya waktu untuk keluarga. Sekarang pun rumah sudah dekat dari kampus dan library. Ditambah ada meja belajar di kamar, jadi gak ada alasan untuk bisa menunda pekerjaan.

Oh ya, sekarang alhamdulillah ada bayangan sebetulnya mau mulai ke mana jalannya riset ini, ya semoga ini jalur yang benar dan tepat, karena semuanya bertahap dan berulang, di mana ada kuantitas baru ada kualitas. Itu kata pembimbing super gw. Jadi Bismillah :)

wish me luck please...