Copycat Student - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Copycat Student

Di bus menuju MK...

Kepikiran mengenai satu istilah waktu belajar di mlm sama di marketing dulu. Jadi ini yang bikin gw jalurnya ke arah marketing kali ya.

Dari sma memang sudah pernah jualan roti, lumayan buat nambah bensin. Gak lama waktu kuliah ikutan mlm, lumayan waktu itu dapetnya kalau uang. Nah yang lebih hebat lagi dapet pelajaran berharga dari mlm itu. Gw belajar mengenai marketing dan menjadi agen penjual yang baik. Gak ada yang salah dengan berjualan, tapi memang beberapa yang sudah sangat militan cenderung menjadi terkesan memaksa. Tapi ya itu pilihan dan tergantung dari dream masing-masing.

Yes, kembali ke copycat marketing. Keberhasilan seseorang agen itu berdasar dari uplinenya. Upline nya ini lah yang punya kewajiban mendidik, melayani dan menjaga sie downline ini. Alhamdulillah dapet upline yang luar biasa waktu itu.

Sebagai downline, kita melihat kagum dan salut si upline. Jadi hampir semua yang dilakukan, semua perbuatan atau perkataan atau karakter sie upline itu gak sengaja kita adaptasi. Itu yang namanya copycat, dan itu terus dilakukan secara kontinu sampai punya jaringan banyak. Tetap meniru karakter dari upline dan upline dari upline. Copycat ini kayak sama di perusahaan yang namanya penstandaran karakter. Template menawarkan dan menjaga hubungan semua harus sama. Seragam intinya, sama persis waktu belajar marketing prasmul. Semua lini harus memberikan standar informasi yang sama.

Mungkin ini yang gak sengaja jadi karakter gw. Gw mengikuti karakter dan apa yang dilakukan sama atasan gw, kalau dulu di perusahaan gw ngikutin senior gw yang sekarang jadi VP. Gw pelajari karakternya dan caranya bicara ama orang, sekaligus dia juga mengarahkan dan mendorong gw lebih maju. Itu yang luar biasa. Dia pengen gw lebih sukses dari dia, nambah salut dan respek lagi gw ama dia.

Selain itu ya supervisor gw yang sekarang. Gw kenal di awal waktu ngelamar sekolah phd. Dan sejak itu lebih ke arah pertemanan. Berikutnya sejak dia membimbing gw, akhirnya pun gw mengadaptasi menjadi copycat dia. Sayangnya gak bisa sembarang copycat kalau di riset, yang gw bisa tiru adalah karakter, komitmen dan semangat akan ilmu pengetahuan. Dan gw sedang mengadaptasi itu sekarang. Dan dia juga mau gw lebih sukses dan lebih baik ke depannya.

Alhamdulillah, sekeliling gw adalah orang-orang yang mendukung untuk mencapai impian gw, jadi lebih banyak alasan untuk menjadi sukses ke depan daripada sebaliknya. In shaa Allah. Aammiinn

Bismillah