Several Steps as A Solution - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Several Steps as A Solution

Barusan aja ngobrol sama teman. Dan dia banyak sekali membantu dan memberikan arahan untuk gw. Ya, pengalaman hidup yang sama sekali baru di sini. Baru pindah ke lingkungan dan negara yang baru, baru punya keluarga, baru mulai PhD. Semuanya yang baru dihadapi secara sekaligus.

Sempat merasa keder, sampai gw ketemu teman gw yang satu ini. Dia memberikan masukan dari sisi perspektif yang lain. Dan gw akui cukup membantu. Jadi biar gw gak lupa, barusan aja gw dapat usulan dan rekomendasi untuk melakukan beberapa hal:

1. Mengatur jadwal dan schedule yang sesuai dengan kemampuan dan realitas yang ada. Walaupun itu maksudnya baik, tapi ternyata ndak bisa dikerjakan, atau malah banyak melencengnya, itu berarti perencanaan yang gagal. Jadwal dan perencanaan yang sesuai dengan realitas dan kemampuan diri sendiri tidak bisa sekali jadi, harus ada trial and error.

2. Dari schedule itu bikin sebuah objektifitas mingguan atau harian untuk objektif yang lebih besar lagi. Target bertahap dari yang kecil menuju yang besar.

3. Mencoba lebih baik atau less under press to myself. Jadi jangan terlalu memaksakan kepada diri sendiri, atau terlalu kejam sama diri sendiri. Diri sendiri itu punya hak.

4. Batasi pemikiran negatif. Less entertain the bad or negative side. Setiap bangun tidur coba untuk mengafirmasi diri sendiri kalau gw bisa jadi PhD dan bakal lulus tepat waktu. Lawan pikiran negatif, dan jangan lari dari pikiran negatif.

Jadi penyakit gw itu adalah gw merasa tidak percaya diri dengan kemampuan gw, jadi gw cenderung untuk melaksanakan pekerjaan yang gw bisa. Padahal pekerjaan yang gw belum bisa itu lebih penting, tapi gw cenderung cari aman. Jadi tenaga gw habis ngerjain hal gak penting dan melawan pikiran negatif gw itu sendiri. Harus dilawan dan ditantang perasaan negatif itu.

Gw belum loncat ke kolam dan berenang, tapi gw masih di pinggir. Jadi cita-cita gw dan pemikiran gw harus lebih dipecah menjadi beberapa hal yang lebih realistis dan lebih baik lagi.

Nanti gw bakal ketemu lagi ama teman gw ini dan gw coba berikan jadwal yang biasa gw buat. :)

wish me luck please...