Arka's Visa Application - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Arka's Visa Application

Rabu kemarin, istri submit aplikasi untuk visa Arka. Ya Arka memang lahir di UK, tapi peraturan di sini kewarganegaraan anak yang lahir di tanah Inggris akan mengikuti kewarganegaraan orang tua, which is Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu peraturan itu udah berlaku, beda sama di US (katanya).

Jadi Arka paspor sudah ada, dikeluarin sama KBRI London. Alhamdulillah semua aman dan beres. Tinggal menunggu kabar selanjutnya dari kedutaan mengenai visa. In shaa Allah lancar.

Ada beberapa hal yang di luar ekspektasi, yaitu waktu pembuatan Kartu Keluarga. Sejak ada e-ktp, tahapan pendataan administrasi keluarga berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau dulu cuman ijin rt/rw/lurah sudah oke. Sekarang harus ikuti prosedur sampai dinas kotamadya setempat. Syukurnya pindah dari Depok ke Bekasi, yang mana ada di satu propinsi. Mungkin kalau pindah propinsi harus sampai dinas propinsi kali ya?

Yup, karena hal itu, ditambah banyaknya hari libur di Desember, proses KK baru beres sekitar sebulan. Ditambah pemenuhan syarat administrasi yang lain (translasi ke bahasa inggris, rekening koran, keterangan dari sekolah dan kantor, dll). Sampai akhirnya selesai dan bisa submit aplikasi.

Semoga visa nya jadi cepat. Hehehe. Aaammiinnn...