There is always Glass - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

There is always Glass

Kemarin sempet curhat mengenai writer's block. Pikiran mentok karena mikirin banyak hal sekaligus. Dan ini berlangsung beberapa bulan lamanya selama PhD ini. Ternyata betul, pikiran kita punya keterbatasan, sangat berhubungan langsung dengan emosi dan perasaan. Kalau bingung yang keluar, takut dan kuatir yang sangat, which means all of those are negatives thinking --> Gak ada ide yang keluar dan mentok aja jadinya.

Jadi inget waktu dulu training Pengembangan Diri, ESQ, di awal diceritain kalau misalnya ibarat gelas, kepala kita bisa kita buat kayak gelas kosong tanpa tutup, atau gelas penuh tanpa tutup, atau gelas kosong dengan tutup atau gelas penuh dengan tutup. Penyimbolan yang sangat menarik dan bisa merepresentasikan apa yang terjadi kemarin. Kemarin mungkin merasa takut, itu bikin gelasnya kecil, ditambah rasa kuatir sudah menuhin gelas itu, ditambah jadi malas, yang nutupin si gelas itu.

Alhamdulillah kemarin sedikit demi sedikit bisa terbuka dikit, ngosongin gelasnya. Caranya gimana? kemarin ngobrol ama Bokap. Bokap sudah pasti punya gelas yang lebih besar dan isinya pun sudah banyak. Ibaratnya Bokap gw sudah lama banget memiliki isi gelas gw sekarang. Makanya gw sering banget ngobrol ama Bokap, karena ilmunya itu yang bisa gw tambain ke gelas gw. Enaknya kalau ngobrol ama Bokap gw gak perlu saringannya ketika dituang isinya, karena Bokap pasti pengen yang terbaik buat anaknya. Dulu gw sempet juga masang filter waktu bokap nuangin isi gelasnya ke gelas gw, yang ada gw cuman nerima yang gw terima. Itu terjadi sudah lama untungnya.

Satu lagi gelas gw gw buka untuk gelas lain, yaitu gelas supervisor gw. Supervisor gw punya isi gelas yang sudah jauh lebih banyak. Ibaratnya gini, gw butuh isi kopi dari Bokap, satu sisi gw juga perlu teh. Nah teh ini lah yang gw cari dari gelas lain. Teh itu gw ibaratkan thesis gw dan riset gw. Mungkin itu perumpaannya ya.

Jadi gw harap setelah melalui beberapa bulan kemarin, gw akan jauh lebih baik dan mempersiapkan semuanya dengan baik. In shaa Allah.

target adalah satu minggu gw bisa beresin satu bab dari temuan literature gw, dan gw mulai kerja di sebelah kantor supervisor gw, semoga hal ini bisa menjadi katalisator buat riset gw. Aaamiiinn..