Menulis - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Menulis

Memang menulis itu hal yang sangat menarik sebetulnya, menarik kalau kita sudah biasa. Nah maka dari itu saya paksain untuk menulis. minimal menulis blog sehari sekali. Berusaha mempelajari mengartikulasikan pikiran ke dalam kata-kata.

Pengartikulasian kalimat secara struktur itu dan jelas dalam bahasa Indonesia itu jarang sekali kita temuin. Memang Bahasa Indonesia pergaulan kita ndak menggunakan struktur atau grammar yang biasanya sangat tight terhadap struktur dan penyusunannya. Sehingga membiasakan untuk menulis secara struktural dengan gaya bahasa yang jelas itu jarang sekali saya temuin.

Seorang yang saya tahu punya artikulasi dalam berkata-kata yang baik, struktur, pilihan kata, dan susunan kalimat yang enak dan jelas itu baru ada satu (yang saya tahu lho ya), itu Pak Anies Baswedan. Itu pun saya baru sadar begitu supervisor saya memberitahu saya beberapa waktu lalu.

Jadi kalau gitu otomatis saya punya dua peer sekaligus. Yaitu gimana caranya saya bisa menyusun kalimat secara rapih terstruktur, baik dalam lisan maupun tulisan. Ini yang menarik sebenarnya, ini juga menantang, karena untuk berbagai macam penulisan nanti. khususnya kalau sudah di posisi tertentu saat kita kontak dengan klien, kita harus punya gaya bahasa penulisan yang baik dan terstruktur. In shaa Allah ini sambil dijalani dan dicoba bertahap demi bertahap.

Kemudian adalah bagaimana menulis semua yang terstruktur itu ke dalam bahasa inggris yang baik dan benar. Saya belum biasa menulis terstruktur ditambah saya harus menulis terstruktur dalam bahasa lain. Memang katanya harus dijalani dan dilatih. Ditambah dapat kesempatan untuk ikut kelas Bahasa Inggris bulan Oktober ini. In shaa Allah semakin lama akan semakin baik dan akan semakin semangat,

Demi thesis yang lebih baik. aammiiin :)