Catatan Seorang Sahabat (Catatan Belakang) - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Catatan Seorang Sahabat (Catatan Belakang)

Beberapa saat lalu buka email waktu kuliah S2 dulu. Terus ada beberapa email tentang Pemilu Ketua PPI NCL 2009-2010. 
Ada catatan dari Adi, yah dua hari lalu doi muncul di Metro TV Kick Andy "Kreativitas tiada Batas".

Mengapa Saya Memilih Arie Wibowo
*(catatan seorang sahabat)

Keluarga besar newcastle yang saya banggakan,
Senang sekali mengamati perkembangan dinamika kehidupan warga Indonesia di kota ini, mulai menghangatnya suasana pemilu terasa mengimbangi dingin cuaca keseharian kotanya :)

Saya dan Arie sama sekali tidak berkeberatan jika pemilu harus melalui musyawarah mufakat ataupun voting suara. Kami menghargai perbedaan pendapat sebagai modal penting dalam proses pembelajaran sekaligus pematangan diri dan organisasi, dari situ kita 'dikondisikan' untuk mau mengasah dan melakukan refleksi, meski prosesnya sudah tentu tidak akan selalu berasa nyaman tetapi saya yakin keluarga besar kita ini masih bisa legowo. 

Dalam tulisan ini, perkenankan saya berbagi apa yang telah menjadi pengalaman saya selama saya mengenal Arie Wibowo, yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam voting atau musyawarah mufakat keluarga semua.
Selama ini saya bersama jejaring komunitas dan pemerintah Jawa Barat aktif melakukan pemberdayaan kreativitas di kalangan anak muda Indonesia khususnya di kota Bandung, apa yang saya lakukan tidak hanya mengarah kepada aspek seni atau desain saja tetapi lebih dari itu menyasar kepada pengembangan industrinya, bicara tentang industri maka kemampuan pemahaman tentang interdisipliner atau lintas bidang ilmu mutlak dibutuhkan. Industri kreatif memerlukan engineer, ahli bisnis, ahli hukum, ahli pendidikan, bahkan ahli kedokteran dan disiplin keahlian lainnya.. Industri kreatif sebagai bagian dari ekonomi kreatif yang telah dicanangkan pemerintah sejak desember 2008 telah menjadi harapan baru ekonomi Indonesia. 

http://www.indonesi a.go.id/id/index.phpoption =com_content&task=view&id=4783&Itemid=701

http://www.depdag. go.id/files/publikasi/ link_khusus/2009/20090313Buku% 201%20-%20RENCANA%20PENGEMB ANGAN%20EKONOMI%20KREATIF% 20INDONESIA%202009. pdf

http://www.detikfin ance.com/index.php/ detik.read/ tahun/2007/bulan/ 10/tgl/29/ time/164016/idnews/ 846099/idkanal/4

Apa yang kami lakukan ini kemudian mendapatkan dukungan dari lembaga-lembaga Internasional seperti UNESCO dan British Council

http://creativeciti es.britishcouncil.org/

http://www.britishc ouncil.org/indonesia- creativity- creative-cities. htm

Program "Sharing Discussion" yang Arie canangkan dalam masa kepengurusannya akan membuka pemahaman interdisipliner, sangat up to-date dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh generasi muda kita untuk membekali dirinya sebagai calon-calon pengambil keputusan dalam transformasi ekonomi baru Indonesia. 

Yang ke dua,
Mari kita baca sejenak kedua link di bawah ini, tidak hanya batik namun Indonesia juga tengah bergerak untuk memperjuangkan aset heritage lainnya. Entah kebetulan atau tidak namun visi dan apa yang menjadi pemikiran Arie jelas-jelas telah menjadi sebuah gerakan nasional, dan Arie jelas sekali memilih angklung sebagai duta kultur bagi international relation PPI Newcastle.

http://www.thejakar tapost.com/news/2009/ 09/08/batik-selected-unesco- cultural- heritage-list. html

http://www.thejakar tapost.com/news/2009/ 08/28/cultural-group-registers- bamboo-instruments- with-unesco. html

Lebih serunya lagi karena kebetulan film ke-2 yang akan saya garap setelah cin(T)a (kemarin berhasil menjadi box office di jaringan bioskop Blitz megaplex) adalah sebuah cerita tentang angklung yang diangkat dari novel 40 days in Europe karya Maulana M. Syuhada. (maaf curi promo hehe..)

http://40daysineuro pe.com/

Ke tiga
Mari kita amati beberapa kawan dan network Arie yang juga memberikan kesaksiannya. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dari mulai manajer restoran di Newcastle, profesional, aktivis, hingga artis ;)

Stephen Woodward, General Manager - Wokmania:
Since he joined Arie work ethic and commitment has been second to none. He has been an invaluable member of Newcastle team helping out and covering whenever possible and also working in three different area. He has become such a valued and trusted member of the Wokmania team he has become the leader of the buffet in which he ensures all records are kept up to date daily, all shifts are covered, any changes to the menu and the alterations to the buffet layout are explained to other members of the buffet staff and finally he is also in charge of the rota for the buffet staff.
I would recommend Arie for any post or position that he would or could apply for. He is a very hard working, enthusiastic, trusthworthy and very valued member of my staff at Wokmania Newcastle.

Loucee Lou, PPI Newcastle 2006-2007,Creative Director of Totango Design Studio Hongkong:
Arie Wibowo adalah seorang sahabat yang saya kenal sejak setahun yang lalu di Newcastle. Santun, rajin, supel, articulate dan inspiratif adalah karakter yang saya tangkap dari dirinya sejak pertama berjumpa. bagi saya, Arie adalah sosok yang paling tepat untuk merangkul seluruh warga Indonesia di Newcastle yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat. Dengan wibawa dan kesantunannya, sebagai Ketua PPI - Newcastle, saya yakin bahwa sahabat saya yang 1 ini akan mampu mendengarkan aspirasi seluruh anggotanya dan membawa PPI menjadi organisasi yang jauh lebih baik dari sekarang.

Adiwan Fahlan, Sekjen PPI UK (Pusat) 2008-2009:
Berdasarkan pengalaman 2 tahun berorganisasi di PPIUK, saya melihat kinerja PPIUK sangat terkait dengan PPI Cabang/Perwakilan yang aktif dan dinamis.Kedua hal ini saya percaya dapat tercapai jika dipimpin oleh seseorang dengan visi yang jelas dan mampu berbaur. Saya melihat Arie memiliki syarat tersebut untuk dapat memberikan kontribusi signifikan ke PPI Newcastle dan PPIUK secara umum.

Dina dellyana -Homogenic- :
"Selama kita di NC ari byk bgt membantu kita. Apapun itu permintaan kita selalu ari bales dgn senyuman, keikhlasan dan hasil yg maksimal. Untuk pemimpin yg amanah, aku yakin Arie orangnya". 

(testimoni-testimon i berikutnya yang juga menarik akan saya upload tidak di notes ini, tunggu aja ya :))

Ke empat,
Kemarin sempat mendapati Arie terhadang oleh kasus AD ART PPI yang tidak mengakomodir student January in take untuk bisa mencalonkan diri menjadi kandidat ketua. Namun dengan kebulatan tekad para pendukungnya dan kemurnian visi untuk semata-mata berbuat kebaikan demi PPI Newcastle, Arie tetap maju dengan mengambil resiko didiskualifikasi. Saya melihat sikap ini dari perspektif positif di mana seorang pemimpin berani mengambil resiko pribadi bagi kepentingan organisasi yang ia yakini membawa kebaikan bagi orang banyak. Justru setelah ia bisa merampungkan masa studinya di sini ia lebih banyak bisa memfokuskan energi, waktu, dan aktivitasnya bagi kemajuan PPI Newcastle. Didukung pengalamannya menjadi pengurus PPI periode sebelumnya dan keberhasilannya membangun jejaring kerjasama dengan berbagai simpul potensi di UK dan Indonesia, membuatnya semakin realistis dalam merealisasikan gagasan-gagasannya dan tentu mengenalkan anggota-anggota kepada networkingnya. 

Ke lima,
Dalam mengelola fasilitas kampus yang disediakan Newcastle University dan Northumbria University dibutuhkan kemampuan akses dari seorang pemimpin yang pandai bersinergi dengan kedua universitas dan warga pelajarnya. Selain itu Arie juga adalah pribadi yang cocok dalam menyinergikan potensi keragaman warga Indonesia di kota ini. Tidak semua orang memiliki kelebihan tersebut.

Ke enam (tenang ini terakhir ko.. :))
Saya rasa idenya tentang 17 agustusan yang kita rayakan bersama kawan-kawan bangsa lain dengan mengundang mereka untuk berlomba makan kerupuk dan balap karung bersama kita. Sungguh menarik untuk dihadirkan :)

Salam,

Adi Panuntun
Film producer, MA Design Management 2009, School of Design, University of Northumbria
CEO PT. Sembilan Matahari (a design and film company base in Bandung, Indonesia)