Basic License - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Basic License

Yup, udah pada tahu kalau gw kerja di MRO pesawat kan. MRO itu singkatan dari Maintenance, Repair and Overhaul. Singkat cerita, itu adalah bengkel yang menangani perawatan pesawat. Jadi ibarat mobil dan motor, pesawat pun ada perawatan berkala. Kalau mobil sama motor hitungannya per kilometer berjalannya. Kalau pesawat dihitung dari jumlah Flight Hours nya. Ya Airframenya, alias body; maupun powerplant, alias engine. Belum lagi perawatan interior. Hal ini ya maksudnya untuk faktor keselamatan.


Ada yang bikin gw galau, iya, masalah sertifikasi. Sebagai seorang teknisi pesawat yang pengen diakui oleh internasional dan dunia penerbangan, gw harus punya yang namanya seritifikasi, alias basic license. Ada yang tipe A dan C, nah karena basic gw elektro, gw harus ngambil yang namanya C1, C2, dan C4; Ada mengenai instrumen, radio, dan komunikasi. Jadi gw lagi berusaha untuk ambil license itu. Mana sekarang gw ada di posisi sales, yang harus tahu product knowledge. Di satu sisi, sales gak banyak teknis yang bakalan diangkat, tapi gw harus tahu. Nah indikasi gw tahu atau tidaknya mengenai perawatan pesawat itu ya dengan punya license itu.

Sebenernya gw masih dalam tahapan OJT, tapi karena satu dan lain hal. Pimpinan gw isyaratin gw untuk langsung terjun ke sales, karena pembentukan jiwa dan mental di sales ndak bisa dalam waktu dekat. Dilematis, gw coba minta bantuan teman, siapa tahu ada solusi buat gw. Aaaamiiinnnn....