Marketing and Segmenting - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Marketing and Segmenting

Selasa kemairn waktunya gw ke kelas lagi. Dan kita dapet pelajaran Segmenting dan Targeting...

Jadi kalau dipakai dalam bahasa yang lebih familiar, segmenting itu artinya memilah, dan targeting itu memilih. Keduanya punya arti yang berbeda namun berkaitan. Dan keduanya punya perbedaan di 'a' dan 'i'.

Kemarin diajarin beberapa pola mengenai targeting dan parameter untuk segmenting. Kemarin diliat contohnya adalah sabun batangan di modern channel. Memang menariknya dari pelajaran di kelas eksekutif adalah sharing dari praktisi tersebut kepada kelas. Pengalaman-pengalaman itu yang mahal, dan ndak bisa didapetin dari buku. Kasarnya kalau pelajaran di buku bisa aja kita ngerti dengan baca, dan memahami sesuai dengan kapasitas kita. Akan berbeda dengan memahami antara aplikasi di lapangan dengan teori yang ada. Pendalamannya akan lebih baik dan semuanya akan lebih clear dalam ditangkap.

Memang yang lebih sulit itu di segmenting, targeting akan mengikuti sesuai dengan segmenting yang telah kita laksanakan. Segmenting ini berdasar dari temuan beberapa ahli, di mana yang terdahulu dan terdasar itu adalah Philip Kotler, dan ada yang baru lagi dari orang usia 50an (saya lupa siapa namanya), yang membagi jenis market dari caranya menggunakan/ cara hidupnya: utelirisasi atau orang yang mengutamakan fungsi dari sebuah produk, lanjut lagi ada simbolis karena ingin dianggap, atau hedonis yang sudah jadi bagian dari lfiestyle?

Walaupun orang memiliki background yang sama, umur yang sama, dan pekerjaan yang sama, tapi akan bisa sangat berbeda dalam masalah lifestyle. Itu adalah pemnbedaan market sendiri. Dan yang paling baik adalah kombinasi dari seluruhnya, sesuai dengan misi dan visi perusahaan kita.