Consumer Satisfaction - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Consumer Satisfaction

Jadi lanjut kemarin mengenai pelajaran di Prasmul.

Udah sampai kita ke bahasan mengenai Cusomer Satisfaction. Jadi di sini disebutin beberapa hal mengenai atribut atribut yang bisa menjadi pemuas konsumen. 

Memang atribut dari sebuah produk (bisa produk maupun service), di mana setiap produk akan memiliki atribut hygiene yang ditawarkan atau diberikan kepada konsumennya. Atribut ini bersifat mutlak, bisa dirasakan, dilihat, dihitung dan ditandai (maksudnya bisa diraba oleh indera manusia). Beberapa contoh hygiene attibutes, seperti yang tertera pada buku catetan, waduh bukunya ndak dibawa pula. Nanti insya Allah discan terus dilampirin ke sini. Kalau di mobil ya termasuk bensinnya, atau pengurusan suratnya, servis gratisnya, dll.

Sedangkan berikutnya satisfier, yaitu nilai tambahan yang bisa diberikan, kaya contohnya test drive yang bisa diperpanjang, ditambah beberapa hal seperti extended warranty. Something like that. Ada beberapa hal dari atribut satisifer yang bisa berubah ke hygiene. Itu semua tergantung dari kebutuhan dan dinamika pasar. Rata-rata untuk B2B, satisfier atributte pada B2C akan menjadi hygiene. 

Memang waktu pelajaran ini gw belajar banyak. Classmates gw semuanya memiliki pengalaman-pengalaman yang luar biasa dalam bidang marketing. Jadi gw cuman bisa terpesona dan menelaah apa yang mereka katakan. Apalagi kemarin contoh soalnya diangkat dari proses pemasaran AC D*****. Ahlinya dalam solusi tata udara. Di sini dijelaskan gimana hygiene attribute yang ada di B2B level menjadi satisfier dalam bidang atributnya. hehehe.

Menarik sekali. Gw belajar banyak banget kemarin, dan gw bersyukur bisa dalam kelas itu. Semoga bisa menjadi batu pijakan yang kuat buat gw untuk masa depan. hehehe. :)