Selamat Jalan Eyang - New Dailyarie

Latest

A Daily Journal of thoughts and feels...

Selamat Jalan Eyang

Baru dapet kabar tadi pagi kalau Eyang Koyo meninggal.

Eyang tinggal di malang, Eyang yang aku hormati, baik, sabar, dan ibadahnya yang luar biasa.

Ketemu tahun lalu pas lebaran di rumahnya di Malang. Sempat minta doa restu ama Eyang untuk nikah tahun depan, "Calonnya sudah ada?", malu-malu dengan pasti menjawab, "Insya Allah yang." Terus Eyang nanya lagi, "Anak mana?" Terus aku jelasin tentang Karin, kalau dia neneknya di Lawang juga, none juga. Sebenernya berharap mau kenalin Karin juga ke beliau. Tapi mungkin Allah punya kehendak lain.

Eyang ini dulu atlet tenis, dan usianya sudah 97 kalau ndak salah ngitung ya. 3 tahun lalu sebelum berangkat sekolah, beliau bilang umurnya 94. Waw, luar biasa. Dengan usianya, beliau masih sholat subuh di mesjid sambil dengerin kuliah subuh. Tiap hari ndak kelewat. Bahkan puasa ramadhan pun masih. Jadi malu ama beliau, padahal aku sendiri masih kuat harusnya. Terakhir beliau sempat bilang, "Aku udah siap Koq." Ndak ngerti maksudnya apa, tapi sekarang aku tahu. Hal yang sama waktu Eyang Cip (papanya papa) mau pergi. Seakan beliau-beliau ini sudah bisa mendengar suara yang tidak terdengar.

Innalillahi wa innailihi raajiun. Selamat jalan Eyang Koyo, Selamat berbahagia di tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga ketaatan kepada Sang Pencipta yang eyang tunjukkan bisa kita contoh dan ikuti. Aamiin.